Tips Mudah Agar Sepatu Kesayangan Tahan Lama



009832


[imagetag]

Walau hobi memborong sepatu, belum tentu semuapenggila belanja tahu cara terbaik merawat sepatunya. Perawatan yang tepat bisamembantu memperpanjang umur sepatu kesayangan Anda.

Hampir semua wanita hobi belanja sepatu, mulaidari sepatu sehari-hari sampai sepatu pesta. Rasanya hampir tak pernah cukupberbelanja sepatu. Namun bila tak pandai merawat, sepatu-sepatu tersebut punbisa berakhir sia-sia. Ada yang rusak karena penyimpanan yang salah. Ada jugayang tak bertahan lama karena perawatan yang tak tepat. Perhatikan beberapapoin berikut ini agar sepatu kesayangan bisa bertahan lebih lama.

Memilih danmenyimpan

Sebagaimana pelatih olahraga, Anda juga harusmenyusun strategi saat membeli sepatu. Untuk sepatu yang sering dipakai,seperti sepatu kerja, tak ada salahnya memilih kualitas yang lebih bagus. Pilihsatu model klasik yang bisa dipakai untuk waktu panjang dan pilih sepatu dengankualitas yang baik. Untuk sepatu yang dipakai sebagai variasi, Anda bisamemilih yang terjangkau anggaran.

Sepatu akan tahan lama jika disimpan denganbaik. Hindari menumpuk sepatu yang bisa membuatnya cepat rusak. Pastikan selaluada jarak antarsepatu atau simpanlah sepatu selalu dalam kotak aslinya. Sepatuyang saling menumpuk bisa merusak bentuk dan membuat sirkulasi udara di sepatukurang baik sehingga mudah merusak kulit dan sol sepatu.

Gunakan kertas koran saat menyimpan untukmempertahankan bentuk sepatu. Untuk sepatu putih gunakan kertas HVS putih agartidak meninggalkan noda di sepatu.

Penggunaan yangbaik

Jangan gunakan sepatu hak pada saat menyetir.Gerakan kaki pada saat menyetir bisa cepat merusak bentuk sepatu dan berisikomembuat hak sepatu patah.

Latih kebiasaan jalan yang baik. Angkat kakisaat berjalan. Jalan dengan menyeret kaki akan membuat sepatu dan hak sepatusemakin cepat rusak.

Pastikan kaki Anda kering dan bersih saatmenggunakan sepatu. Kaki yang basah akan membuat sepatu lembab sehingga mudahmerusak lapisan dalam,memicu jamur, dan menyebabkan bau tidak sedap pada kaki.

Jangan siksa sepatu Anda dengan menggunakannyasetiap hari. Sepatu juga perlu beristirahat, bernapas, dan mengembalikan bentukaslinya. Gunakan bergantian dengan sepatu lain. Menggunakan sepatu lebih dari 3kali dalam seminggu bisa dengan mudah memperpendek usia sepatu Anda.

Perawatan

Jika sepatu berkualitas bagus belumterjangkau, jangan khawatir. Untuk perawatan yang tepat, selalu bersihkansepatu Anda dari kotoran setiap selesai dipakai. Kotoran yang menempel terlalulama bisa cepat merusak lapisan luar sepatu dan membuatnya mudah mengelupas.Seka dengan lap atau gunakan sikat lembut untuk membersihkan sisa kotoran.

Untuk pemilik sepatu kulit, poles sepatu Andadengan semir secara berkala. Setelah cairan semir kering, bersihkan sisagumpalan semir dengan kain lembut yang bersih.

Jangan pernah membiarkan sepatu basah ataulembap. Baik karena hujan maupun karena basah keringat, angin-anginkan sepatudi dalam ruangan untuk mengeringkannya. Jangan gunakan sepatu sebelum keringsempurna. Hindari penggunaan pengering rambut saat mengeringkan sepatu kulitkarena bisa membuat kulit sepatu mudah berkerut.

Menyimpan sepatu lembap atau basah dalam kotaksepatu akan memicu timbulnya jamur, bakteri, dan bau tak sedap pada sepatu.Akibatnya, kulit sepatu mudah terkelupas dan bagian dalam sepatu menjadi lebihrapuh.

Jika pelindung bawah sepatu Anda terbuat dariplastik, ganti dengan pelindung karet yang lebih tahan lama. Anda bisamelakukannya di berbagai tempat perbaikan sepatu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudah Agar Sepatu Kesayangan Tahan Lama"

Posting Komentar